Minggu, 29 April 2012

5 Lelucon Terkenal “April Mop” di Dunia (Bagian I)


-= Bags =- [UNIKNYA.COM]: April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hal ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai “April Mop”.Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet. Berikut uniknya.com sajikan 5 lelucon terkenal “April Mop” di dunia:

1. 1 April 1950, Menara Pisa Roboh
Sebuah berita televisi di Belanda pada tahun 1950 melaporkan bahwa Menara Pisa di Italia telah rubuh dan hancur. Banyak orang terkejut dan segera menghubungi stasiun televisi tersebut untuk memastikan kebenaran beritanya.

Menara Miring Pisa adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia. Menara Pisa sebenarnya dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, namun mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Ia terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa.

2. 1 April 1957, Pohon Spaghetti di Swiss
Program televisi BBC, Panorama membuat sebuah lelucon terkenal pada April Mop tahun 1957. Tayangan tersebut menampilkan, kisah sebuah keluarga di selatan Swiss memanen spaghetti dari pohon spaghetti fiktif. Berdurasi selama tiga menit, disiarkan diseluruh Inggris yang memang ketika itu, hidangan khas Itali tersebut masih awam bagi sebagian masyarakat Inggris. Hasilnya, banyak orang yang menghubungi BBC untuk mengetahui cara menanam pohon spaghetti mereka sendiri. Kejadian ini bahkan pernah difilmkan di St. Albans.

3. 1 April 1965, Smell-o vision ala BBC
Pada tahun 1965, BBC mengakui melakukan suatu uji coba teknologi baru yang memungkinkan transmisi deteksi bau melalui gelombang udara kepada semua pendengar. Banyak pemirsa dilaporkan BBC dihubungi untuk melaporkan kesuksesan uji coba tersebut. Pada tahun 2007, hal yang sama kemudian dilakukan kembali situs BBC dengan versi online-nya. Namun kemudian diyatakan merupakan hanya sebuah tipuan.

4. 1 April 1976, Efek kedalaman gravitasi Jovian
Pada tahun 1976, astronom Inggris Sir Patrick Moore mengatakan kepada pendengar BBC Radio 2, bahwa akan terjadi keselarasan yang unik dari dua planet yang mengakibatkan daya tarik gravitasi di Bumi jauh lebih ringan tepat pada pukul 9:47 am hari itu. Dia mengundang pendengarnya untuk melompat di udara dan mencoba pengalaman langka tersebut dengan “suatu sensasi melayang aneh”. Puluhan pendengar menelepon untuk mengatakan percobaan itu berhasil. Yang pada akhirnya kejadian itu hanya lelucon belaka.


5. 1 April 1977, Negara resor San Serriffe
Dalam surat kabar The Guardian, di Inggris, pada Hari April Mop 1977, Jorge Luis Borges menulis sebuah negara resor fiktif yang indah di tengah laut dari San Serriffe diciptakan dan dimuat dalam suplemen tujuh halaman. The Guardian menulis negara ini memiliki dua pulau utama, masyarakat (Bodoni), dan pemimpin (Jenderal Pica). Pembaca yang penasaran kemudian banyak yang bertanya-tanya kebenaran berita ini. Sampai akhirnya mereka semua kecewa, ketika mengetahui bahwa negara San Serriffe tidak ada alias bohong belaka.


The Guardian adalah surat kabar Inggris yang dimiliki kelompok Guardian Media Group. Surat kabar ini merupakan harian serius dalam bentuk lembaran besar dan dikenal relatif berhaluan kiri.

Tidak ada komentar: